Kamis, 03 Maret 2011 | By: An Arch Angel
BELAJAR 16 TENSES SISTEM KEBUT
 (repost from http://fabanyu.blogspot.com/2009/09/belajar-16-tenses-sekaligus.html)

Setelah sekian lama tertunda, akhirnya saya sempatkan juga untuk menulis topik ini; yaitu cara mempelajari 16 Tenses sistem kebut. Metode ini didapat setelah berdiskusi cukup lama dengan Mas Utuy -yang konon bersumber dari Pak Didi, nama lengkap beliau, Dr. Didi Suherdi, M.Ed., TESOL... Jadi untuk yang bersangkutan, saya ucapkan terima kasih...

Baiklah, langsung kita mulai saja.

Perhatikan tabel dibawah ini. Dengan penyusunan seperti ini, Tenses dalam bahasa Inggris akan lebih mudah dikenali. (Jika gambarnya kurang terlihat, buka saja di jendela baru untuk memperbesar) caranya klik kanan pada gambar --> lalu pilih 'open link in new tab'.


Cara termudah untuk mempelajarinya adalah dengan mencari persamaan tiap-tiap tense. Hal ini saya lakukan dengan cara mem-blok kesamaannya dengan warna-warna yang berbeda.

Coba anda perhatikan bentuk 'SIMPLE' (baris pertama dari kanan ke kiri) yang saya warnai dengan warna ungu, maka anda dapat dengan mudah melihat bahwa hampir semua bentuk 'SIMPLE' memiliki kata kerja pertama (V1), pengecualian hanya terjadi pada 'SIMPLE PAST' dengan warna kuning, yang memiliki kata kerja kedua (V2).

Lalu perhatikan bentuk 'CONTINOUS' (baris kedua) dengan warna biru. setelah TO BE yang memiliki bentuk berbeda (was, were, am, is , are, will be, would be) memiliki kesamaan yaitu kata kerjanya selalu berakhiran 'ING'.

Lanjut ke bentuk 'PERFECT' (baris ketiga), bentuk ini justru lebih mudah, karena sebelum kata kerja selalu didahului dengan bentuk yang sama yaitu; (have, has, had) dan kata kerjanya memiliki bentuk ketiga (V3).

Dan yang terakhir, 'PERFECT CONTINOUS' juga berakhir 'ING' dan didahului oleh 'BEEN'.

Jadi, jika tujuannya hanya untuk 'SURVIVAL' seperti pada saat UN, yang format soalnya adalah pilihan ganda, dengan mengetahui patokan strukturnya saja semestinya anda sudah tidak melakukan kesalahan lagi. Misalnya jika bentuknya masih 'ori' alias cuma memiliki Subjek atau subjek plus will.would/should, semestinya anda sudah dapat menerka bahwa bentuk kata kerjanya kemungkinan besar adalah V1 atau V2.

Atau jika ada 'had, has, have' sudah pasti mutlak pilihlah jawaban yang kata kerjanya bentuk ketiga V3.

Dan jika ada 'BEEN' maka tidak bisa ditawar lagi, mesti berakhiran 'ING'. Sesederhana itu. Selebihnya anda bisa menganalisa dan memformat sendiri kuncian yang dapat memudahkan anda menghafal tenses berdasarkan tabel di atas.

--->>
Nah, jika anda sudah merasa manstaf dengan 16 Tenses di atas, sekarang saya akan menambahkan keterangan waktu yang biasanya menyertai setiap tense yang ada. Karena biasanya, dalam soal-soal ganda, sebenarnya dalam tip kalimat, kita diberikan clue berupa keterangan waktu agar kita dapat memutuskan kalimat ini harus berbentuk apa, SIMPLE, PERFECT, atau yang lainkah. Saya berusaha melakukan translasi terhadap keterangan waktu tersebut ke dalam bahasa yang mudah dipahami, karena berdasarkan observasi kecil-kecilan yang saya lakukan, banyak buku Grammar yang justru mendefinisikan keterangan waktu tersebut dengan bahasa njelimet dan mebingungkan. Namun, jika dirasa bahasa saya juga masih sulit dimengerti, ya maaf... Rocker juga manusia. He..he...he...

Baiklah silahkan dinikmati...

0 komentar:

Posting Komentar